Sumber download ribuan software Gratis + penghasilan

Rabu, 29 Juni 2011

Cara reset HT Suicom sh-135


Agak ribet juga melakukan reset ht suicom sh-135 jika belum tahu caranya. berikut sedikit uraian tentang reset frekuensi pada ht suicom seri sh-135.
Untuk melakukan reset normal dengan mematikan radio kemudian tekan tombol menu ditahan dan hidupkan radio maka menu reset akan muncul , VFO , FULL, TYPE kemudian bisa di tentukan pilihan resetnya dengan menekan enter.
ht suicom sh-135 keluaran terakhir sampai pada saat tulisan ini dirilis, sering mengalami masalah pada epromnya (beberapa info dari rekan2). Layar yang muncul menunjukkan angka 400.000, padahal harusnya beroperasi pada frekuensi 136 - 174 mhz.
untuk melakukan reset pada ht yang mengalami gangguan pada epromnya ini, bisa dilakukan langkah seperti pada saat melakukan SELF programming untuk mengisi memori pada channel.

Radio Off, moni&menu ditekan bersama -sama, hidupkan radio dengan kedua tombol masih ditahan sampai muncul SELF pada layar, kemudian masukkan magic code. Akan muncul 2 bilangan di layar seperti 136 174 tiga angka yang pertama adalah batas frekuensi terendah dan tiga angka yang terakhir adalah batas frekuensi yang tertinggi, setelah dirubah sesuai dengan frekuensi yang dikehendaki lalu tekan enter dan restart radio. Rentang bandwidth radio dapat diatur dari menu ini.
Hati - hati melakukan perubahan pada batas frekuensi ini, kesalahan akan mengakibatkan pll tidak bisa lock pada tx atau rx, karena hal ini sangat tergantung pada rangkaian fisik dari pllnya

Program HT Suicom sh-135

Mempunyai beberapa frekuensi favorit pada radio memang hal yang menyenangkan. Frekuensi favorit ini akan lebih mudah ditampilkan jika telah disimpan pada memori radio dan tidak perlu lagi repot - repot menghafalkannya, apalagi jika pada frekuensi tersebut digunakan untuk mengakses repeater yang tentunya mempunyai frekuensi yang berbeda antara receive dan transmit nya. Belum lagi jika ada feature tambahan yang harus disertakan untuk mengaksesnya misalkan tone squelch, CTCSS, DCS dan sebagainya.
Untuk melakukan penyimpanan pada memori radio suicom sh-135 sangat mudah dilakukan. Step yang harus dilakukan sebagai berikut :
- Tentukan frekuensi yang akan disimpan dan masukkan beberapa feature tambahan seperti CTCSS, DCS atau Shift freq dsb dengan menekan tombol menu lalu enter.
- Tekan tombol menu kemudian vfo/mr maka nomer channel akan berkedip. Tentukan posisi nomer channel dengan memutar encoder/dial diikuti vfo/mr sekali lagi untuk melakukan penyimpanan dan exit jika semua proses telah selesai.
Ada beberapa pilihan untuk melakukan penghapusan
  1. menghapus satu memori channel . pada VFO mode matikan power radio. Tekan tombol vfo/mr dan hidupkan power radio. "DEL?" dan nomer channel memori tersimpan akan muncul pada LCD. Putar encoder atau masukkan nomer melalui keypad dan tentukan channel yang akan dihapus. Tekan enter sampai muncul "YES" dan tekan enter untuk menghapus.
  2. Menghapus semua setting mode frekuensi. matikan radio kemudian tekan tombol menu sambil menghidupkan radio sampai muncul "RESET?" tekan enter sampai muncul "VFO?". pilih enter untuk memastikan mode frekuensi tidak diaktifkan.
  3. Menghapus semua setting. Matikan radio tekan tombol menu ditahan dan hidupkan radio sampai muncul "RESET?", tekan enter untuk menampilkan "VFO?". Putar encoder untuk memilih "FULL" dan enter untuk mengakhiri pilihan penghapusan semua setting frekuensi dan mode VFO.
beberapa langkah diatas tidak terlalu sulit dilakukan untuk satu atau beberapa radio. tetapi akan merepotkan jika harus dilakukan pemrograman atau pengisian memori yang sama dengan jumlah unit yang banyak. Apalagi jika terjadi perubahan channel frekuensi maka harus dilakukan pemrograman ulang pada tiap - tiap unitnya.
Cara yang lebih efisien dan mempermudah pekerjaan ini adalah dengan melakukan pemrograman melalui computer. peralatan yang dibutukan adalah sebuah kabel data dan software programming.
Kabel data bisa kita dapatkan di toko penjual perlengkapan radio amatir dan software yang dapat dicari dari browsing. Kebel data ini dapat dibuat sendiri dengan memakai sebuah ic max234. Jika mengalami kesulitan mendapat ic max234 maka dapat dipakai ic max232.
sotware ini dapat dipakai untuk melakukan pemrograman ht suicom sh-135, dengan petunjuk yang telah disertakan. ada beberapa versi yang lain dapat juga dipakai untuk melakukan permrograman ini.

9 komentar:

  1. om minta tolong dikirimkan kode utk membuka no pro, email sigit_wiryawan@ymail.com

    BalasHapus
  2. udah kita kirim kode magicnya bro ke email silakan buka...thanks

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. kirimnya ke andri_fwtea@yahoo.com atau ke ambalanmuklas@gmail.com trims sebelumnya

    BalasHapus
  5. bos bisa bantu memory radio HT Suicom CT-08. saya sudah ikuti semua langkah2nya. masalahnya adalah tdk mau keluar suara, hanya meter signal yg bergerak. setelah itu saya cari lagi apa salahnya, ketemu yaitu R-CDC nya saya OFF. sudah keluar suara, tapi tdk RPU/repiter tdk merespon, alias tdk bisa masuk ke RPU tsb. Trus gimana lagi bang?

    BalasHapus
  6. om klo boleh bintang kodenya dong ..... kirim email ke nur_ceper@yahoo.co.id

    BalasHapus
  7. Selamat Siang OM, saya punya ht Icom IC 2GA sudah lama tidak digunakan sebelumnya tdk ada masalah, sekarang mau digunakan tidak bisa apakah juga empromnya ngereset, tks

    BalasHapus
  8. Salam RAPI 51-55, @JZ19RMC: saya minta tolong kirimkan "magic code" untuk Suicom SH135 ya...kirim ke wanastro2@gmail.com ... Thanks ya Kang..

    BalasHapus
  9. Minta kode magiq swicom 135

    BalasHapus

Template by:
Free Blog Templates